Rabu, 26 November 2008

Biorhythm 21



Tim Angklung Biotek LIPI

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI yang berlokasi di kawasan Cibinong Science Center, Kabupaten Bogor memiliki kelompok seni yang memainkan alat musik tradisonal asli dari tatar Pasundan. Seni Angklung yang sudah terkenal hingga mancanegara merupakan satu-satunya tim kesenian yang dimiliki oleh Puslit Bioteknologi LIPI yang dirintis semenjak "pemerintahan" pak Bambang Pras yaitu sekitar awal tahun 2005 dan diberi nama Biorhythm 21. Menurut Teh Dian, konduktor tim angklung yang asli Bandung, alat musik yang terbuat dari bambu itu didatangkan langsung dari Saung angklung Mang Ujo di daerah Padasuka Bandung. Pak Boru, selaku pelatih tim angklung dengan sabarnya membimbing para pegawai Biotek yang rata-rata kesehariannya bekerja di Lab untuk bisa "menggoyangkan" alat musik bambu itu sehingga mengeluarkan bunyi yang indah.

Walaupun jam terbang belum terlalu banyak, tetapi tim Biorhythm 21 pernah tampil di Hotel Bidakara Jakarta untuk membuka acara Seminar Pangan kawasan ASEAN pada tahun 2005 yang dibuka langsung oleh Presiden SBY. Saya sendiri yang baru masuk tim angklung Biotek pada awal tahun 2007 dan ditunjuk sebagai koordinator tim hanya sempat tampil sekali saja pada acara RAKER Puslit Bioteknologi 2007.

Di kalangan pejabat LIPI, Biorythym 21 sudah cukup dikenal sebagai maskot tim kesenian dari Puslit Bioteknologi bahkan dari Kedeputian IPH dengan lagu andalannya Sirih Kuning. Lagu daerah Betawi ini selalu dimainkan di setiap kesempatan. Karena seringnya berlatih dan memainkan lagu tersebut, para personel Biorhythm 21 sudah bisa menghapal solmisasinya diluar kepala.

Semenjak pertengahan 2007 hingga sekarang, kegiatan latihan menjadi vakum. Lantunan harmonisasi nada dari bambu itu sudah lebih dari setahun tidak terdengar lagi kecuali sekali saja pada saat orientasi CPNS pada Januari 2008. Para pegawai baru diperkenalkan dengan Biorhythm 21 dengan harapan mereka dapat meneruskan kiprah para seniornya yang sebagian sedang mengembara di luar biotek untuk melanjutkan studi akademisnya.

Dalam waktu yang tidak lama lagi, Puslit Bioteknologi LIPI akan kedatangan 11 pegawai baru, CPNS 2008. Saya berharap dengan bertambahnya pegawai, bertambah pula personil Biorhythm 21, sehingga tim angklung biotek tetap bisa jalan, tetap bisa berlatih, ada atau tidaknya event yang kita bisa tampil disana. (andri)
foto : koleksi Puslit Bioteknologi LIPI




Tidak ada komentar: